Cara mebersihkan computer/PC sendiri

1
14.04


Jika PC anda sudah kotor karna lama tidak dibersihkan, anda tidak perlu-lah membawa PC anda ke tempat service hanya karna untuk membersihkanya. Dirumah, anda-pun bisa melakukanya sendiri di rumah. Peralatan-peralatan yang di butuhkan adalah :

· Obeng kembang

· Kuas

· Penghapus pensil

· Thermal paste

· Penghisap debu + selang kecil

· Penghilan noda untuk bodi mobil / motor

· 1 gayung air / satu ember.

Kalo semua yang di atas dah lengkap sekarang saatnya untuk membersihakan PC anda langkah pertama adalah :

Bongkar !!!

Pertama cabut dulu semua aliran listrik ke PC. Buka casing anda dengan obeng. Setelah itu colok lagi PC anda ke listrik dan nyalakan PC anda lagi. Perhatikan kipas-kipas VGA, prossesor, dan kipas casing ( kalau ada ). Jika salah satu ada yang mati atau putaranya lemah siapkan kipas cadangan yang anda beli. Lalu matikan kembali PC anda.

Setelah PC mati kita akan mencopot kabel-kabel, perhatikan dan ingat posisi kabel saat mencopot kabelnya, kalu perlu di foto biar untuk dijadikan contekan kalo lupa. Kalau sudah copot kabel-kabel yang terhubung ke-motherboard.

Bukalah kedua pengunci RAM dan copot RAM dari tempatnya. Buka baut pengunci VGA pada casing. Kemudian tekan pengunci lalu copot dengan perlahan VGA-nya.

Selanjutnya adalah mencabut kipas prosesor dan hardisk. Harus ekstra hati-hati pada saat melepaskan kipas prosesor, apalagi prosesor Pentium 4 ( Northword ato Prescott ) yang kipasnya agak sulit dilepas. Anda juga perlu hati-hati pada saat melepas hardisk jangan sampai terjadi banyak goncangan, karna hardisk merupakan komponen yang paling rentan terhadap goncangan.

Setelah semuanya dilepas, langkah selanjutnya adalah melepaskan motherboard dari casing.Cari bautnya biasanya terdiri dari 4-6 baut. Setelah dibongkar saatnaa :

Bersih-bersih !!!

Bersihkan debu dari casing dan motherboard yang telah anda lepaskan. Casing dan motherboard itu dibersihkan dengan kuas. Bersihkan seluruh socket pada motherboard. Kalau ada debu yang nyelip / susah membersihkanya, pakai “blower” yang biasa untuk meniup debu dari kamera digital. Jangan lupa membersihkan debu dari PowerSupply PC anda.

Selanjutnya bersihkan pin RAM anda dengan kuas. Apabila ada kotoran pada pin RAM yang sulit dihilangkan gunakan penghapus pensil bisa juga menggunkan penghilang noda yang di oleskan ke kain pembersih. WARNING !!! JANGAN GUNAKAN AMPLAS !!!

Selanjutnya lakukan cara yang sma pada saat membersihkan pin VGA . Jangan lupa melepaskan kipas VGA, periksa thermal paste dibagian kotak bawah kipas VGA. Apabila sudah habis ( biasanya udah mulus dan enggak lagi lengket-lengket ), oleskan lagi thermal paste jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit, kira-kira sekitar 2 butir beras. Setelah itu pasang kembali kipas VGA.WARNING!!! JANGAN GUNAKAN AMPLAS !!!

Selanjutnya mebersihkan kipas prosesor. Lepaskan kipas dari prosesor. Lalu bersihkan debu dari yang menempel di celah-celah kipas dan bersihkan juga debu-debu prosesor.

Kemudian bagian bawah kipas bersihkan kotoran bekas thermal-paste. Kalu ada kotoran yang sulit dihilangkan, sekali lagi,, dan untuk yang terakhir X-nya “WARNING !!! JANGAN GUNAKAN AMPLAS !!!” untuk menghilangkanya, karna amplas dapat mempertipis permukaan kipas sehingga panas yang diserap oleh kipas tidak maksimal.

Sebaiknya, gunakan sedikit sabun yang dioleskan pada kain basah. Gosok perlahan lalu keringkan sampai tak ada air yang tersisa. Pasang kembali kipas ke prosesor.

Bersihkan sisa thermal paste pada bagian atas prosesor dengan pembersih noda. Oleskan thermal paste baru pada bagian atas prosesor. Oleskan sekitar 3 butir beras lalu usapkan merata. Bersihkan hardisk dengan kuas halus. Hati-hati juga dalam membersihkan hardisk.

Tahap terakhir adalah

Pasang Lagi !!!

Setelah itu pasanglah kembali motherboard anda pada casing Colok juga kabel-kabel dari power supply ke motherboard. Pakai contekan yang sudah anda buat. Setelah itu barulah komponen-komponen lain dipasang. Jangan lupa hubungkan power supply ke komponen yang membutuhkan.

Pada saat memasang prosesor sebaiknya anda berhati-hati. Lihat posisi berwarna emas pada prosesor dan pasang pada posisi yang tepat . Jangan tekan prosesor terlalu keras saat pemasangan agar pin prosesor tidak bengkok ato patah.

Pastikan semua peralatan terpasang dengan mantap dan rapi. Periksa kabel-kabel. Jangan sampai ada yang kendor. Jangan tutup casing dulu. Nyalakan dulu computer dan pastikan sudah tidak ada yang error. Tutup casing kalo udah yakin.

Okeeh selesai berikut tadi adalah tips membersihkan PC !!! Semoga bermanfaat bagi kita semua, Amin.

Selamat Mencoba !!!



About the author

Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

1 komentar :